Pendidikan

Unsam Adakan Presentasi Beasiswa Studi di Amerika

LANGSA – Universitas Samudra (UNSAM) mengelar kegiatan Presentasi Beasiswa Studi di Amerika dengan Thema :Studying in the U S ; what you need to know and prepare for, bertempat di Aula I Biro Rektor Universitas Samudra, Gampong Merandeh, Jum’at (17/6/2022).

Rektor Universitas Samudra melalui Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ir. Cut Mulyani, MP dihadapan para dekan, koordinator prodi dan para dosen serta mahasiswa yang ada di lingkungan unsam dalam sambutannya pada acara pembukaan Studying in the U S menyampaikan kegiatan ini terlaksana atas kerjasama UNSAM dengan Education USA yang merupakan salah satu lembaga di bawah kedutaan Amerika Serikat yang berperan memberikan informasi dan bimbingan bagi yang tertarik menempuh pendidikan baik S1, S2 dan S3 atau program mengikuti pertukaran pelajar ke Amerika Serikat.

Jadi, Diharapkan melalui presentasi ini menjadi motivasi bagi para dosen dan para mahasiswa untuk meningkatkan keilmuannya agar generasi kita kedepan lebih baik lagi.

Lebih lanjut Cut Mulyani menyatakan bapak Rektor terus berkomitmen tinggi guna

meningkatkan SDM baik kepada dosen maupun mahasiswa yang ada di kampus ini.

” Jadi, Dosen tidak ada istilah sudah tua dalam menuntut ilmu, tapi tetap berpacu dalam mengikuti perkembangan dunia pendidikan dan memanfaatkan kesempatan belajar guna peningkatan pengetahuan ” jelas Cut Mulyani.

Saat ini kita tahu, di usia yang sudah 9 tahun menjadi kampus negeri Unsam terus berbenah, saat ini hampir semua prodi sudah ada dosen yang bergelar doktor dan banyak juga yang sedang menempuh pendidikan.

” Seperti diketahui, Dulu syarat untuk menjadi dosen cukup dengan pendidikan strata satu (S.1), saat ini dosen harus bergelar minimal Magister atau S2, dan kedepan tidak tertup kemungkinan seorang tenaga pengajar di perguruan tinggi bergelar doktor”, jelas Wakil Rektor Bidang Akademik tersebut.

Sekedar informasi, ada mahasiswa bidik misi yang sudah dibiayai oleh negara tapi tidak selesai kuliahnya, ini kan sangat disayangkan.

Untuk itu, kepada bapak ibu/dosen dan para mahasiswa dengan adanya presentasi hari ini menjadi sebuah semangat baru guna meningkatkan keilmuannya agar generasi kita kedepan lebih cerdas dan berdaya saing.

” Semoga kedepan pendidikan di Unsam lebih bagus lagi kualitasnya, dan dosen harus terus berpacu dengan waktu mewujud itu semua, minimal kalau S.1 nya di dalam negeri, maka S2 nya bisa didapat di luar negeri”, Pinta Dr. Ir. Cut Mulyani, MP.

Selanjut, mari sama-sama kita dengarkan dan kita cermati arahan arahan dari education USA agar menjadi pengetahuan bagi kita untuk mengikuti program kerjasama dimaksud. Dan bagi para dosen dan mahasiswa yang kurang faham dengan apa yang disampaikan, dapat bertanya langsung kepada pemateri. Demikian Cut Mulyani.

Sementara itu, Lilis Su’dah, MA. Tesol dari Education USA Adviser mengatakan  semua Layanan Education USA bersifat gratis. Salah satu kegiatan lembaga ini adalah membangun kerjasama dan melakukan kunjungan ke sekolah dan universitas dengan mengadakan presentasi tentang kesempatan dan persiapan sekolah ke Amerika.

Lilis juga menyampaikan tentang kisi kisi tentang studying in the US bagi para Dosen dan Mahasiswa yang berminat kuliah ke luar negeri.

Lebih lanjut Lilis menjelaskan bila ingin kuliah di luar negeri maka harus ada Minat untuk kuliah di luar negeri khususnya Amerika dan mencari tahu jumlah kampus terakreditasi di Amerika, serta

apa-apa saja yang harus dipersiapkan untuk bisa mengikuti program kuliah di Amerika tersebut.

” Keinginan yang dibarengi dengan usaha pasti hasilnya akan luar biasa, karena tidak mungkin usaha menghianati hasil”, jelas Lilis Su’dah, MA. Tesol. (Sam Deraja).

Show More

Bernasaceh.id - Suparmin

MENGABARKAN INFORMASI AKTUAL

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button