NasionalPendidikan

Tirta Meyrizka Lubis Raih Juara dalam Pemilihan Duta Pendidikan Indonesia Tahun 2022

Tirta Meyrizka Lubis berhasil membawa nama harum Kabupaten Nganjuk dan Provinsi Jawa Timur, pasalnya Tirta telah meraih juara dalam Pemilihan Duta Pendidikan Indonesia Tahun 2022 di Gedung Akhmad Sanusi Universitas Pendidikan Indonesia pada 10/09/2022 lalu.

Tentunya proses yang Tirta lewati tidaklah mudah. Dia perlu menghadapi berbagai proses penilaian dari pihak nasional, apalagi bertanding dengan seluruh perwakilan terbaik provinsi di Indonesia.

“Tentu prosesnya sangat panjang, mulai dari tes ujian online, track record, mentalitas, advokasi pendidikan dan kontribusi. Kemampuan kita dalam bersosial juga dinilai, karena pemilihan duta pendidikan bukan lomba biasa, namun juga menilai kepribadian seseorang. Tentu karena sebagai duta adalah teladan yang menjadi contoh orang-orang disekitarnya” ujar Tirta.

Tahapan yang perlu dilalui Tirta adalah mulai dari karantina online yang mana disana diberikan tugas individual assigment untuk menilai pemahaman dan analisis peserta terhadap materi yang diberikan.

Kemudian ada Konferensi Pendidikan yang dimana Tirta sebagai salah satu presenter dari tujuh presenter terpilih.

Tirta membawa tema presentasi tentang Inklusivitas Pendidikan Berbasis Digital dalam Era Smart Society 5.0.

Raju selaku Ketua Pelaksana menyampaikan bahwa juara diambil berdasarkan nilai tertinggi seluruh akumulasi dewan juri.

“Presentasi sang juara tentunya adalah dia yang membawakan materi dengan tepat tema, jelas, dan analisis yang mendalam serta yang paling penting adalah solusi yang kontrit serta berdampak nyata” ujar Raju.

Dari proses seleksi dalam Konferensi Pendidikan Indonesia tersebut, Tirta berhasil membawa kejuaraan sebagai Best Presenter dan menjadi Juara 1 Pembicara Terbaik dalam konferensi tersebut.

Selain itu, terdapat perlombaan Karya Tulis Ilmiah tentang problematika pendidikan di provinsi masing-masing.

Tirtapun mendapatkan nilai sempurna karena karya tulis ilmiahnya terbaik sehingga mengantarkannya menjadi Best Karya Tulis Ilmiah dengan predikat sangat memuaskan.

“Saya bersyukur kepada Allah atas segala nikmat yang dititipkan ini. Semoga ilmu dalam lomba konferensi serta karya tulis ini bisa berguna untuk pendidikan di Indonesia” ucap Tirta.

Selain itu terdapat kompetisi Speech atau pidato. Tirta menjawab dengan penuh ketegasan, analisis mendalam, dan ketenangan. Hal inilah yang membuatnya memperoleh juara juga dalam Speech.

Tim Jawa Timur juga didaulat sebagai Top 5 Go Healthy atas kontribusi dalam kesehatan di Jawa Timur.

Tirta juga menyampaikan bahwa saat Grand Final dia merasa cukup sangat tenang karena memang dia sudah berserah seutuhnya kepada Tuhan.

Dia juga sangat menikmati setiap proses di atas panggung. Mulai dari pidato dan juga pertanyaan oleh dewan juri. Jawaban dan penampilannya yang luar biasa membawanya menjadi Duta Pendidikan Indonesia dan Puteri Pendidikan Nusanatara Tahun 2022.

Tirta berharap prestasinya mampu menginspirasi anak-anak muda untuk terus berkontribusi melalui bidang apapun yang mereka geluti, tetap optimis, dan terus menjadi pembelajar sejati. ()

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button