Pemerintahan

Pimpin Apel Siaga Vaksinasi PMK, Wabup Sebut Vaksinasi Dilakukan Sebagai Motor Penggerak Pengendalian dan Penanggulangan PMK

BERNASACEH.ID | ACEH TAMIANG – Wakil Bupati (Wabup) Aceh Tamiang, H.T. Insyafuddin, ST memimpin apel siaga vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di halaman kantor Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan setempat, Senin (27/6/2022).

“Vaksinasi ini dilakukan sebagai motor penggerak pengendalian dan penanggulangan PMK di Aceh Tamiang secara terpadu serta meningkatkan peran serta masyarakat kita dalam melakukan pengendalian PMK ini,” ucap Wabup Insyafuddin.

BACA : PENANGANAN PMK DI ACEH, KEMENTAN BERIKAN BANTUAN OBAT – OBATAN DAN APD

Wabup menjelaskan bantuan 300 dosis Vaksin PMK dari Kementerian Pertanian merupakan langkah strategis dalam mengantisipasi meluasnya penyebaran dan memutus mata rantai penularan PMK pada hewan ruminansia yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang. “Pemberian 300 dosis vaksin bertujuan untuk mengantisipasi wabah PMK pada hewan sapi, kerbau, kambing dan domba yang sedang melanda,” ujar Politisi PKS ini.

BACA : WABAH PMK, PETERNAK ACEH TAMIANG MINTA SUNTIK GRATIS UNTUK SAPI

Dalam kesempatan tersebut juga, Wabup mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh melalui Dinas Peternakan Aceh yang telah memberikan bantuan berupa obat-obatan, vitamin, Desinfektan, APD, Hand Spayer, Spuit, Cool Box dan Kartu Vaksinasi.

“Tim vaksinasi PMK Kabupaten Aceh Tamiang sejauh ini, sudah bekerja secara optimal. Buktinya, kasus wabah PMK di Kabupaten Muda Sedia berangsur menurun,” ujarnya.

BACA : PETERNAKAN SAPI KELUHKAN LAMBANNYA PENANGANAN PMK, SUPRIANTO MINTA KEMENTAN RESPON CEPAT

Wabup menambahkan 300 dosis vaksin dari Kementan akan disalurkan di dua kecamatan yakni kampung Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu sebanyak 100 ekor dan Kampung Serba serta Kampung Alur Jambu sebanyak masing-masing 100 dosis per kampung.

“Dengan pemberian vaksin ini dapat mencegah meluasnya penyebaran dan memutus mata rantai penularan virus PMK sehingga masyarakat tidak resah dalam mengkonsumsi daging serta geliat pembangunan ekonomi di bidang peternakan dapat berjalan normal kembali,” ujarnya.

BACA : DUA KAMPUNG TERCATAT 300 SAPI TERJANGKIT WABAH PMK

Pantauan media ini dilokasi, apel siaga Vaksinasi PMK Kabupaten Aceh Tamiang, turut dihadiri oleh Penanggung Jawab PMK Aceh dari Kementan, drh. Muhammad Syukron Amin, M.Si, Plt Kadis Peternakan Aceh, Zalsurfan, ST, M.Si, Anggota DPRA Komisi II, Nova Zahara, Wabup Aceh Tamiang, HT.Insyafuddin,  Kadis Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Aceh Tamiang, Safuan, SP dan para undangan lainnya. []

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button