Peristiwa

PERMATA Serahkan Bantuan Tahap Kedua untuk Warga Terdampak Banjir Aceh Tamiang

BERNASACEH.ID, ACEH TAMIANG — Perhimpunan Masyarakat Aceh Tamiang (PERMATA) Jakarta akan menyalurkan bantuan tahap dua yaitu bantuan perbaikan fasilitas layanan sekolah swasta dan atau pemberian bibit kepada warga yang terdampak banjir Aceh Tamiang.

Bantuan Permata tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Ketua Permata Junjungan Siregar  kepada Ketua Pujakesuma Aceh Tamiang, Darwan, S.Ag, Jumat (18/11/2022) di Cafe Teko Karang Baru. Penyerahan bantuan tersebut juga disaksikan oleh Pembina Permata, Syarief Maulana, Ketua Karang Taruna Aceh Tamiang, Joko Sudirman, Ketua PGSI Aceh, Mabrur dan CEO KabarTamiang.com, Muhammad Hendra Vramenia.

Ketua PERMATA, Sugianto, SE, MM kepada Wartawan, Sabtu (19/11/2022) mengatakan, bantuan bibit kepada petani yang terdampak banjir akan disalurkan oleh Pujakesuma Aceh Tamiang dan Karang Taruna Aceh Tamiang. Sedangkan untuk perbaikan fasilitas layanan sekolah atau pesatren akan disalurkan oleh PGSI Aceh.

“Bantuan itu difokuskan kepada petani yang tidak tergabung dalam kelembagaan petani karena petani yang tergabung dalam kelembagaan petani akan menerima bantuan dari pemerintah melalui program AUTP atau program-program lainnya. Sedangkan untuk bantuan perbaikan fasilitas pendidikan akan difokuskan ke sekolah atau pesatren Swasta,” ujarnya.

Sugianto menambahkan bantuan tahap kedua ini merupakan bentuk kepedulian Permata dan para donatur atas musibah yang terjadi di Aceh Tamiang, sehingga bantuan ini bisa meringankan beban para korban yang terdampak banjir khusunya para petani yang mengalami gagal panen.

“Untuk tahap pertama, Permata menyalurkan bantuan sembako kepada sejumlah posko-posko pengungsian yang tersebar hampir di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Tamiang dan menyalurkan bantuan sembako ke beberapa pesatren serta Dayah. Bantuan sembako tersebut disalurkan oleh beberapa organisasi di Aceh Tamiang seperti Karang Taruna Aceh Tamiang, Pujakesuma, ISNU, PGSI Aceh serta tim perwakilan Permata Jakarta yang ada di Kabupaten Aceh Tamiang,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pujakesuma Aceh Tamiang, Darman, S.Ag mengucapkan terima kasih kepada Permata Jakarta  telah menyalurkan bantuan untuk warga terdampak banjir melalui Pujakesuma, Karang Taruna, dan PGSI Aceh.

“Permata hadir di saat masyarakat sedang tertimpa musibah dan ini yang kami harapkan. Mudah-mudahan kebaikannya mendapat ridha dari Allah SWT,” ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana banjir yang melanda Kabupaten Aceh Tamiang sejak 31 Oktober 2022 banyak menyisakan kerusakan fasilitas publik termasuk sekolah-sekolah. Berdasarkan data BPBD Aceh Tamiang, dari total 355 sekolah, sebanyak 122 sekolah dari semua tingkatan terdampak banjir.

Sementara data dari Dinas Pendidikan Dayah Aceh Tamiang terdapat 17 Dayah atau Pesantren di sejumlah kecamatan ikut terendam banjir. []

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button