Daerah

Pelatihan Fasilitator, Irwan Pane : Keiklasan Kunci Keberhasilan Seorang Relawan

ACEH TAMIANG — Kunci keberhasilan seorang relawan dalam pengabdiannya harus dimulai dari rasa iklas seorang relawan. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane saat membuka acara Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) di Markas PMI Jalan Medan – Banda Aceh Kecamatan Karang Baru, Sabtu (22/1/2022).

“Keiklasan dalam dalam mengabdi sebagai relawan menjadi kunci keberhasilan menjadi seseorang relawan. Semua harus dimulai dari iklas,” sebut  Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane.

Menurutnya dengan keiklasan relawan dalam mengabdi sebagai pekerja sosial menjadi kunci hingga saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan Organisasi yang telah terakui dan berperan penting didalam Negara Republik Indonesia, yang dimana PMI telah mendapati Pengakuan dan Pemberian Mandat Tugas Pokok PMI oleh Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan dengan KEPPRES No. 246 Tahun 1963 s/d Undang–Undang Kepalang Merahan No.1 Tahun 2018.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kualitas relawan, Palang Merah Indonesia Kabupaten Aceh Tamiang Propinsi Aceh menyelenggarakan Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) yang di laksanakan pada tanggal 22 – 23 Januari 2022 berlangsung di Markas PMI setempat.

Kemudian selepas memberikan kata sambutan Irwan Pane di dampingi Kepala Markas PMI Aceh Tamiang, Amarullah menyampaikan kegiatan Pelatihan Fasilitator Dasar sangat penting karena menyangkut dengan kesinambungan Relawan itu sendiri termasuk PMR di Aceh Tamiang untuk masa depan.

Irwan Pane menjelaskan tujuan kegiatan ini diantaranya : Menciptakan Relawan PMI Aceh Tamiang menjadi Fasilitator PMR yang berkompeten, Meningkatkan Pemahaman Relawan tentang Pembinaan PMR serta Meningkatkan Komitmen Para Fasilitator PMR didalam Pengembangan Relawan PMR.

Setelah pelaksanaan pelatihan ini, Irwan Pane yang juga merupakan trainer dalam pelatihan ini menyampaikan Hasil yang diharapkan akan memobilisasi para Fasilitator Dasar PMR ke sekolah-sekolah se-Aceh Tamiang untuk membantu Pembinaan PMR yang ada disekolah-sekolah.

“Relawan merupakan Garda terdepan PMI, oleh karena itu sangat diharapkan dengan kegiatan Pelatihan ini akan muncul relawan-relawan yang berkompeten didalam melakukan Pembinaan Pengembangan PMR di Aceh Tamiang,” sebutnya mengakhiri.

Sementara itu Kepala Markas PMI Aceh Tamiang Amarullah yang juga  sebagai Trainer dalam Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) menyampaikan kegiatan ini mengusung tema ” Kreatifitas Fasilitator Menentukan Pencapaian Pembanguan Karakter PMR” merupakan motivasi untuk pengabdian relawan secara iklas.

“Iklas mengabdi sebagai seorang relawan harus menjadi karakter seorang relawan,” ungkapnya Adon sapaan akrab Amarullah.

Adon menambahkan Pelatihan Fasilitator Palang Merah Remaja (PMR) yang diikuti oleh 24 Relawan KSR PMI dan 45 PMR dari siswa – siswi SMA Negeri 1 Karang Baru, SMK Negeri 2 Karang Baru, dan MAN 2 Aceh Tamiang sebagai peserta praktek bagi relawan peserta pelatihan mengasah kemampuan.

Adon juga menyampaikan pelatihan ini merupakan langkah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap relawan di PMI Kabupaten Aceh Tamiang dalam memfasilitasi kegiatan PMR dan PMI Kabupaten Aceh Tamiang yang sistematis dan berkelanjutan.

“Dengan mengikuti Pelatihan Fasilitator PMR ini, Relawan PMI Kabupaten Aceh Tamiang akan semakin efektif dan Fasilitator PMR akan semakin memahami tentang Ilmu Kepalangmerahan serta untuk siswa – siswi dari SMA Negeri 1 Karang Baru, SMK Negeri 2 Karang Baru, dan MAN 2 Aceh Tamiang sebagai peserta praktek bagi relawan peserta pelatihan mengasah kemampuan,” jelas Adon.

Selain Wakil Ketua Bidang Organisasi PMI Aceh Tamiang Irwan Pane, Wakil Ketua Bidang Pengembangan PMR dan Relawan, A. Meyrshal Nasution dan Kepala Markas PMI Aceh Tamiang Amarullah beserta staf PMI Aceh Tamiang menjadi trainer. Kegiatan ini juga mengundang trainer lainnya seperti Rahmah Nur Riski, S.Psi.M.Psi yang merupakan Founder Sekolah Inspiransi. (ERWAN)

Show More

Related Articles

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button