DaerahPemerintahanReligi

Pelatihan Fardhu Kifayah, Asra Berpesan Jaga Rahasia Mayit Ketika Kita Memandikan

ACEH TAMIANG — Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra, berpesan kepada peserta Pelatihan Fardhu Kifayah agar wajib menjaga rahasia mayit ketika dimandikan kepada siapapun.

“Saya tegaskan kepada seluruh peserta dalam pelatihan ini agar dapat menjaga rahasia mayit yang dimandikan. Rahasia itu jangan sampaikan kepada siapapun,” demikian penegasan Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra saat membuka acara Pelatihan Fadhu Kifayah tingkat kabupaten yang berlangsung di Aula SMP Islam Kualasimpang, Senin (21/03/2022).

Sebelumnya dalam arahannya, Sekda mengatakan kegiatan ini penting, karena menyangkut tata cara penyelenggaraan jenazah sesuai tuntunan syariat.

“Fardhu Kifayah ini adalah sesuatu yang harus dibarengi dengan ilmu pengetahuan. Ada syariat dan hukum yang dilaksanakan, maka dari itu harus ada ilmu,” ujarnya.

Disebutkan Sekda, karena begitu pentingnya pelatihan ini bagi bilal mayit, karenanya dirinya meminta agar para Bilal Mayit yang belum mengikuti pelatihan ini dapat diprogramkan lagi pelatihan serupa di tahun depan.

“Kepada para peserta saya harapkan tidak hanya ikut pelatihan dan dapat sertifikat saja, tetapi benar-benar bisa memahami ilmu yang disampaikan sehingga dapat menjadi Bilal Mayit yang sesuai syariat dan mengetahui hukumnya,” jelasnya.

Kepada tutor pelatihan, Sekda mengarahkan agar dapat memberikan penjelasan yang mudah dipahami oleh peserta, sehingga apa yang disampaikan dapat terserap dengan baik oleh peserta.

“Saya juga sangat mengharapkan agar seluruh peserta bisa menguasai dan nantinya bisa memandikan mayit,” harap Sekda.

Sementara itu, Kepala Dinas Syari’at Islam Samsul Rizal menjelaskan Kegiatan ini diikuti sebanyak 106 orang peserta dan dilaksanakan selama dua hari. Hari pertama diikuti oleh peserta wanita, dan hari kedua diikuti oleh peserta laki-laki.

“Adapun peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah petugas dan kader Bilal mayit di kampung masing-masing. Pelatihan ini juga bertujuan untuk  melatih petugas Bilal mayit dalam fardhu kifayah di dalam masyarakat,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan, unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Kepala Baitul Mal Mulkan Tampubolon, Ketua MPU, Ustadz Syahrizal, Kepala Dinas Pendidikan Dayah, Haliah, tutor dan para peserta penyelenggaraan Fardhu  Kifayah.[ERWAN]

Teks Foto :
Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Drs. Asra, saat memberkan sambutan pada Pelatihan Fardhu Kifayah Tingkat Kabupaten di di Aula SMP Islam Kualasimpang, Senin (21/03/2022). (FOTO : Dok. Humas Aceh Tamiang)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button