EkonomiSuara Rakyat

Peduli Petani Aceh Tamiang, Anggota DPR RI Ilham Pangestu Salurkan Benih Jagung

ACEH TAMIANG – Wujud kepedulian terhadap petani jagung di Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang, anggota Komisi V DPR RI, dari Fraksi Golongan Karya, Ilham Pangestu menyalurkan bantuan bibit benih jagung untuk petani.

Ilham Pangestu yang merupakan perwakilan Daerah Pemilihan (Dapil) 2 Aceh dari Partai Golkar dalam penyaluran benih, sekaligus melaksanakan penanaman jagung perdana di Kampung Perupuk Kecamatan Bandar Pusaka, Minggu (20/2/2022) pagi.

Khairul Amri selaku Staf Pendamping Ilham Pangestu bersama petani Kampung Perupuk, Kecamatan Bandar Pusaka Kabupaten Aceh Tamiang saat melakukan penanaman perdana benih jagung bantuan dari anggota DPR RI, Ilham Pangestu, Minggu (20/2/2022). (FOTO : Ist)

Dalam prosesi penanaman perdana ini anggota DPR RI, Ilham Pangestu diwakili oleh Staf Pendampingnya Khairul Amri yang juga merupakan Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Langsa di sambut antusias masyarakat petani yang tergabung dari beberapa kelompok tani di Kampung Perupuk.

” Bantuan benih jagung ini merupakan bantuan pribadi dari anggota DPR RI, Ilham Pangestu yang menyahuti aspirasi warga yang disampaikan kepadanya beberapa waktu lalu,” ungkap Khairul Amri.

Khairul mengharapkan kepada masyarakat petani jagung Kampung Perupuk agar bisa mengelola lahan pertaniannya secara maksimal sehingga hasil produksinya dapat meningkatkan pendapatan para petani.

” Bila berhasil panen, maka saya pastikan Ilham Pangestu, anggota DPR RI akan turun langsung kelokasi pertanian untuk melakukan panen perdananya nantinya, ” tegas Khairul.

Sementara itu, Datok Kampung Perupuk, Kecamatan Bandar Pusaka, Amin menyampaikan, apresiasi kepada anggota DPR RI, Ilham Pangestu yang telah memberikan perhatian dan kepeduliannya bagi masyarakatnya yang dominan bergantung hidup dari sektor pertanian.

Datok menyebutkan, adapun areal pertanian jagung yang sekarang ini dikelola oleh gabungan kelompok tani yaitu kelompok tani Seulanga, Taruna Tani dan kelompok tani wanita (KWT) yaitu lebih kurang seluas 60 hektar dan lahan siap tanam yakni 30 hektar.

Tetapi, saat ini kendala yang dihadapi petani jagung di areal 60 hektar ini membutuhkan perbaikan atau normalisasi parit induk yang berada dijalan utama menuju areal pertanian. ” Jika parit induk itu tidak diperbaiki maka saat hujan turun airnya meluap keareal pertanian jagung sehingga tanaman jagung terendam dan mati, ” sebut Datok Amin.

Selain parit induk, Datok Amin mengungkapkan, masyarakat juga mengharapkan perbaikan atau peningkatan badan jalan menuju areal pertanian jagung dan pertanian lainnya, karena badan jalannya sudah mengalami kerusakan parah disejumlah titik sehingga sulit dilalui kenderaan warga menuju areal pertaniannyapertaniannya guna membawa hasil produksi pertanian.

Namun, saat ditanyakan apakah selama ini pernah memperoleh bantuan peralatan pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tamiang, Datok Kampung Perupuk, Amin dengan tegas menyatakan, selama ini petani atau kelompok tani di kampungnya belum pernah menerima bantuan peralatan pertanian, ” kalau petani jagung hanya peroleh bantuan benih saja, padahal kami butuh juga mesin perontok jagung, mesin pengolahan lahan pertanian dan lainnya, ” pungkasnya.

Menyahuti permintaan petani jagung Kampung Perupuk terkait kondisi jalan dan normalisasi parit induk dilokasi areal pertanian jagung terebut, Khairul Amri menambahkan, pihaknya menampung aspirasi masyarakat yang telah disampaikan tersebut dan melaporkan langsung kepada anggota DPR RI, Ilham Pangestu.

” Kita berharap keinginan warga ini bisa diakomodir oleh Ilham Pangestu, ” pungkas Khairul. (ERWAN)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button