Katamereka

Muhammad Nur : Reses Metode Dua Arah Menjaring Aspirasi Bersama Konstituen

ACEH TAMIANG – Guna mengali, menjaring aspirasi konstituen di Daerah Pemilih (Dapil), sebanyak 30 orang Anggota Legislatif di DPRK Aceh Tamiang saat ini sedang melaksanakan Reses.

Reses  itu sendiri merupakan masa dimana para Anggota Dewan bekerja di luar gedung, menjumpai konstituen di Daerah Pemilih (Dapil) masing-masing. Pelaksanaan tugas Anggota Dewan di Dapil dalam rangka menjaring, menampung aspirasi konstituen serta melaksanakan fungsi pengawasan.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur saat menggelar reses

Reses yang dilaksanakan 30 anggota DPRK Aceh Tamiang pada Reses I Tahun 2022 Reses Persidangan ke II Massa Sidang Tahun 2021 – 2022 berlangsung mulai dari utanggal 07 –  14 Februari 2022.

“Kita saat ini sedang melakukan Reses Persidangan ke II Massa Sidang Tahun 2021 – 2022,” sebut Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur, Jumat (11/2/2022) di Karang Baru.

Menurut Politisi Partai Demokrat yang berasal dari Dapil I (Karang Baru, Kota Kualasimpang, Rantau dan Sekerak) mengatakan, kegiatan Reses dewan ialah agenda dimana seluruh wakil rakyat yang bertugas di DPRK istirahat sejenak menjalankan tugas di kantor dan mengalihkan pekerjaannya menampung aspirasi warga di dapil masing-masing.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur saat menggelar reses dan membagikan Minyak Goreng Kemasan

Kemudian menurutnya Legislatif mempunyai fungsi masing – masing fungsi legislasi, fungsi anggaran, dan fungsi pengawasan. Ketiga fungsi tersebut dijalankan dalam kerangka representasi rakyat pada tingkat kabupaten. Kemudian ada masa persidangan yang meliputi masa sidang dan masa reses.

“Waktu kerja DPRK dalam satu tahun dibagi menjadi tiga masa persidangan. Setiap masa persidangan terdiri dari masa sidang dan masa reses. Reses itu sendiri merupakan kunjungan kerja yang dilakukan secara berkala dan menjadi instrumen yang baik karena dilakukan dalam metode dua arah antara legislatif dengan konstituennya (pemilih) untuk mengali dan menjaring aspirasi” jelas Muhammad Nur.

Agar dapat terjadi metode dua arah, sambung Muhammad Nur maka para anggota DPRK mendapatkan kesempatan mengumpulkan  warga-masyarakat atau konstituennya yang diwakilinya guna memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur saat menggelar reses dan memberikan bantuan tikar kepada salah satu kelompok Wirid Yasin Perempuan

Muhammad Nur menambahkan, kegiatan reses saat ini masih dalam situasi ancaman COVID-19. Wabah tersebut memberikan dampak terhadap berbagai sektor meliputi sektor kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan lainnya.

“Akibat pandemi ini seluruh sendi kehidupan terkena dampaknya, namun, reses ini penting dilakukan oleh anggota dewan, karena dengan reses, seorang anggota DPRK akan mengetahui apa yang dikeluhkan, dibutuhkan, dan apa yang diharapkan warga di daerah pemilihannya,” ucapnya.

Untuk itu dirinya berharap kepada  masyarakat secara umum dan masyarakat yang hadir kegiatan reses ini dapat memahami kondisi keuangan daerah yang terkuras untuk menangani COVID-19.

Muhammad Nur mengatakan kegiatan Reses I Tahun 2022 merupakan kegiatan Reses Persidangan ke II Massa Sidang Tahun 2021 – 2022 dengan tujuan apa yang digali dan dijaring dari konstituen di daerah pemilihan akan diusulkan dalam kegiatan Musrenbang Tahun Anggaran 2023.

“ Apa yang menjadi kebutuhan skala perioritas akan kita masukan dan kita perjuangkan di Musrenbang Tahun Anggaran 2023, baik itu Musrenbang Tingkat Kecamatan hingga Musrenbang Tingkat Kabupaten,” jelasnya namun dirinya juga berharap agar masyarakat dapat memahami kondisi keuangan daerah yang terkuras untuk menangani COVID-19.

Dari enam titik lokasi yang dijadwalkan, Muhammad Nur mengatakan sudah lima titik yang sudah dilakukan di antaranya empat kampung dalam Kecamatan Karang Baru masing – masing Kampung Tanjung Seumentok, Paya Kulbi, Paya Awe serta Kampung Selele. Sementara satu kampung di Kecamatan Sekerak yaitu Kampung Pantai Tinjau.

“Insya Allah satu titik lagi akan kita lakukan hari Senin ini,” sebutnya.

Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang, Muhammad Nur saat melakukan reses.

Dalam mengemban tugas sebagai wakil rakyat Muhammad Nur mohon doa kepada masyarakat Aceh Tamiang agar senantiasa dirinya diberikan kesehatan seta konsisten dan amanah dalam menunaikan tugasnya dalam memberikan kontribusi terbaiknya untuk masyarakat Aceh Tamiang.

Menyikapi persoalan kelangkaan Minyak Goreng yang terjadi pasar, Muhammad Nur juga dalam resesnya membagi Minyak Goreng Kemasan kepada peserta yang hadir. (ERWAN)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button