PemerintahanReligi

MTQ Ke 35 Aceh Tamiang Raih Nilai 7. Ini Datanya

BERNASACEH.ID | ACEH TAMIANG — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Aceh ke-35 di Redelong, Kabupaten Bener Meriah resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Taqwallah atas nama Gubernur Aceh, Jumat (24/6/2022) malam.

MTQ tersebut dimulai 19 Juni 2022 diikuti seluruh kabupaten kota di Aceh dengan total peserta dari seluruh cabang yang diperlombakan mencapai 1.257 orang.

Berdasarkan penilaian dewan hakim, diputuskan juara umum MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke 35 Tahun 2022 berhasil diraih oleh Kabupaten Aceh Besar dengan perolehan nilai 69. Sementara Aceh Tamiang berhasil meraih nilai 7.

BACA : MTQ KE 35 SELESAI, ACEH TAMIANG PERINGKAT KE 14 TURUN DARI PERINGKAT MTQ KE 34

Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tamiang Syamsul Rizal kepada BERNASACEH.ID, Sabtu (25/6/2022) menyebutkan berdasarkan pengumuman Dewan Hakim MTQ Aceh Ke-35, Aceh berhasil dengan nilai 7.

“Nilai 7 tersebut diraih dari beberapa cabang yang diikutsertakan dalam MTQ masing – masing Juara II, Juara III, Juara Harapan II, Juara Harapan III. Secara keseluruhan Aceh Tamiang meraih nilai 7. Nilai yang sama juga diraih oleh Aceh Tengah dan Aceh Jaya, Kafilah Aceh Tamiang berada di peringkat ke 14 dari 23 kafilah yang bertanding di MTQ Aceh ke 35,” jelas Syamsul Rizal.

Kemudian Syamsul Rizal menyebutkan masing – masing yang meraih juara tersebut, yaitu Akifah Naila Ilham, menjadi Juara II Pada Cabang Hifzil Qur’an 1 Juz dan Tilawah Putri. Pada Cabang Tafsir Bahasa Indonesia Putri, Nurul Husna juga meraih Juara II.

Selanjutnya, Cabang Qira’ah Sab’ah Murattal Putri, Rahma Akmalia menempatkan dirinya sebagai Juara III. Pada Cabang Tilawah Anak Putri, Haura Paradisa ikut mencatatkan namanya menjadi Juara Harapan 1. Seterusnya, Cabang Hifzil Qur’an 30 Juz Putra, Azril Kurniawan menempati Juara Harapan II. Posisi Juara Harapan III berhasil diraih oleh Nazifa Salsabila yang bertanding pada Cabang Hifzil Qur’an  20 Juz Putri.

Kemudian, pada Cabang Tafsir Bahasa Inggris Putri, Musyarafah Itsnaini menorehkan catatan sebagai Juara Harapan II. Terakhir, Cabang Khattil Qur’an Mushaf Putra, Faisal Annas ikut menorehkan prestasi sebagai Juara Harapan III.

MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke 35 Tahun 2022 berhasil diraih oleh Kabupaten Aceh Besar dengan perolehan nilai 69 dan ditetapkan sebagai Juara Umum.

Bagi Aceh Besar status juara itu adalah untuk keduakalinya secara beruntun, setelah sebelumnya juga juara umum MTQ Aceh ke-34 di Pidie.

Selanjutnya juga diumumkan kabupaten kota yang berhasil memperoleh juara 2,3,4 dan seterusnya dalam kategori 10 besar.

Kabupaten kota tersebut yaitu Pidie dan Aceh Timur sebagai peringkat 2 dengan perolehan nilai 42, peringkat 3 Bener Meriah dengan nilai 41, serta Aceh Selatan sebagai juara 4 dengan nilai 37.

Selanjutnya Aceh Utara peringkat 5 dengan nilai 35, Simeulue peringkat 6 dengan nilai 21, Lhokseumawe peringkat 7 dengan nilai 20, Subulussalam peringkat 8 dengan nilai 16, Banda Aceh peringkat 9 dengan nilai 14 dan terakhir Pidie Jaya berada di peringkat 10. []

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button