DaerahTNI & Polri

Manfaatkan Era Digital, Kodim Aceh Timur Gelar Komsos Dengan Aparat Pemerintah

LANGSA – Dalam rangka meningkatkan sinergitas antar Instansi, Kodim 0104/Aceh Timur menggelar komunikasi sosial (Komsos) dengan Aparat Pemerintahan (Appem) yang berlangsung di Aula Makodim 0104/Atim, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baroe, Kota Langsa, Selasa (31-05-2022).

Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Media Sosial di Era Digital”, kegiatan tersebut bertujuan memelihara dan meningkatkan Komunikasi antara TNI-AD khusunya Kodim 0104/Atim dengan aparat pemerintah guna menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya untuk kepentingan pertahanan Negara.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain para Kapolsek Polres Langsa, para Camat, Geuchik, dan Satpol-PP dan WH Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur, tamu dan undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Agus Al Fauzi, S I.P., M.I.Pol, yang diwakili Danramil 12/Sungai Raya Kapten Arh Nana Sutiana mengatakan, Komunikasi Sosial yang dilaksanakan hari ini dengan tema “PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DI ERA DIGITAL” guna meningkatkan pemahaman Aparat Pemerintah tentang penggunaan internet secara bijak sehingga memaksimalkan dampak positif internet dan meminimalkan dampak negatif dari berinternet.

“Sehingga tercipta Aparat Pemerintah yang cerdas dan produktif sehingga pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan yang dapat diinformasikan secara luas dengan menggunakan media sosial”, ujarnya.

Kapten Nana juga mengajak seluruh komponen kiranya dapat menjalin komunikasi sosial dengan aparat pemerintahan tentunya sangat diharapkan apalagi kita selaku aparat pemerintah yang berada di wilayah, sehingga akan tercipta situasi yang kondusif serta hubungan yang lebih harmonis dan bersinergi. Berkaitan dengan kegiatan atau situasi yang timbul di wilayah serba tak menentu dapat terjalin secara harmonis dengan sendirinya, sehingga jika terjadi sesuatu di wilayah dapat saling membantu satu sama lainnya.

Di era digital dan media sosial, Danramil melanjutkan, menawarkan berbagai kemudahan bagi para penggunanya untuk mengakses dan menshare informasi secara tepat, mudah dan murah. Tapi disisi lain ketika pengguna media sosial semakin berkembang pesat dan salah dalam penggunaannya,dapat menimbulkan resiko yang begitu besar dan bisa berdampak bagi kehidupan manusia itu sendiri.

Bisa kita bayangkan, apa yang akan terjadi jika masyarakat dapat mudah percaya begitu saja terhadap informasi yang merupakan hoax, kemudian para masyarakat yang percaya begitu saja bisa membagikan informasi itu kepada banyak orang dengan sangat mudah itu semua karena di dukung oleh media di era digital ini.

Pada era sekarang ini di masa perkembangan era digital, segala informasi yang tersebar di dunia media sosial sangat tidak dapat di lawan, umumnya masyarakat tidak bisa membedakan mana informasi yang benar dan mana yang salah.

Saya berharap kita selaku aparat pemerintah wajib untuk bisa lebih bijak dalam menghadapi berita – berita yang tersebar dalam media sosial dan bisa berperan aktif menjadi contoh kepada masyarakat diwilayah serta tetap bisa saling bersinergi mengikuti program pemerintah,” pungkasnya.

Sementara kata sambutan dari tamu undangan yang disampaikan Kasie tekhnologi dan informasi dan jaringan Diskominfo Kota Langsa Rahmat Junaidi Siregar, ST, menyampaikan situasi dan kondisi di wilayah saat ini masih sangat aman dan kondusif, berkat kerja sama antara aparat pemerintah dengan instansi terkait lainnya.

Pemanfaatan media di era digital saat ini ada dua aspek yaitu positif dan negatif dimana saat ini kabupaten Langkat baru saja mengalami hal yang negatif terkait mempublikasikan yang terjadi yang dapat merugikan masyarakat.

Ia berharap dengan kerja sama aparat pemerintah dengan instansi terkait termasuk Kodim 0104/Atim dapat memberikan edukasi dan ilmu bagi jajaran aparat pemerintah baik di tingkat desa, Geuchik maupun Kecamatan dan serta tingkat Kota Langsa dan Kabupaten Aceh Timur,” jelasnya. (SAM DERAJA).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button