NasionalSuara Rakyat

Jadi PPK dan PPS, Siapkan Tujuh Syarat

BERNASACEH.ID, ACEH TAMIANG — Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) resmi menerbitkan PKPU Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Pemilu dan Pilkada.

Berbeda dengan sebelumnya, pendaftaran PPK dan PPS Pemilu 2024 yang akan segera dilakukan ini akan dilakukan secara online, menggunakan sistem teknologi informasi khusus yang dibuat KPU. Aplikasi itu diberi nama Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc atau disingkat SIAKBA.

Calon pendaftar diwajibkan untuk memiliki akun SIAKBA yang akan digunakan untuk pendaftaran. Selain harus memiliki akun SIAKBA, calon peserta juga harus mengerti dan paham tata cara pendaftaran.

Ini link syarat untuk menjadi anggota Badab Adhoc berdasarkan PKPU terbaru ini? Dikutip dari PKPU Nomoe 8 Tahun 2022 yang baru saja terbit, untuk menjadi anggota PPK, PPS dan KPPS maka harus memenuhi syarat.

Sementara dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan oleh calon pelamar anggota PPK dan anggota PPS sebelum mengakses SIAKBA untuk mendaftar sebagai anggota PPK atau PPS pada Pemilu 2024?

Dokumen itu nantinya akan diunggah ke SIAKBA, dan pastikan calon pendaftar sudah memiliki softcopy-nya. Untuk itu, sebelum pendaftaran dimulai baiknya segera mempersiapkan dokumen tersebut dalam bentuk softcopy.

Dokumen persyaratan tersebut terdiri dari tujuh item dokumen meliputi;
1. Surat pendaftaran atau surat lamaran,
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP),
3. Pas Foto ukuran 4×6,
4. Daftar riwayat hidup,
5. Ijazah terakhir,
6. Surat pernyataan dan,
7. Surat keterangan kesehatan.

Dari tujuh item tersebut tiga item dokumen persyaratan yakni surat pendaftaran, daftar riwayat hidup dan surat pernyataan template atau blankonya dapat anda download di akun siakba anda dengan mengklik menu daftar. Namun menu download ini tidak akan bisa diakses jika calon belum mengisi biodata atau identitas dengan lengkap.

Hal terpenting harus diperhatikan, dokumen persyaratan tersebut harus berformat pdf untuk dokumen surat pendaftaran, daftar riwayat hidup, ijazah terakhir, surat pernyatan dan surat keterangan kesehatan. Sedangkan untuk dokumen KTP dan pas foto harus dengan format jpg, jpeg atau png.

Kemudian semua berkas dokumen persyaratan tersebut kapasitasnya tidak boleh lebih dari 1MB. ()

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button