NasionalSuara Rakyat

Ingin Jadi PPK dan PPS, Siapkan Diri. Ini Caranya

BERNASACEH.ID, ACEH TAMIANG — Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang bakal membuka pendaftaran dan merekrut badan ad hoc penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan kampung yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

“ Jadwalnya belum ditentukan, Insya Allah sekitar pertengahan bulan November ini pendaftaran dan merekrut badan ad hoc penyelenggara Pemilu untuk PPK. Kemudian PPS kemungkinan awal Desember 2022,” jelas Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang Ishak Ibrahim nelalui Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat KIP Kabupaten Aceh Tamiang M. Khuwailid kepada BERNASACEH.ID, Senin (5/11/2022) diruang kerjanya.

Khuwailid menyampaikan tatacara pendaftaran PPK maupun PPS sangat berbeda dari pengrekutan sebelumnya, diantaranya perkara yang pasti adalah pendaftaran nanti tidak lagi offline atau datang ke kantor KIP.

” Nah ini yang harus dipersiapan bagi calon PPK atau PPS. Pendaftarannya melalui online,” tegasnya.

Kemudian Khuwailid menjelaskan pendaftaran secara online tersebut melalui aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad hoc (SIAKBA). Berharap agar mereka yang berminat menjadi penyelenggara ad hoc, baik PPK maupun PPS, menyiapkan akun email sebagai satu-satunya akses untuk masuk ke SIAKBA.

“Untuk calon PPK ataupun PPS tidak ada lagi datang ke kantor KIP dengan segala berkasnya. Semua daftar lewat online dan unggah berkas pendaftaran di SIAKBA. Pengumuman yang lulus berkas kami sampaikan di aplikasi itu, termasuk yang ke tahap berikutnya,” jelasnya.

Khuwailid juga merincikan akan kebutuhan akan badan ad hoc adalah lima orang tiap Kecamatan yang ada dan di tiap kampung dibutuhkan tiga orang PPS.

‘’Aceh Tamiang terdiri dari 12 kecamatan dan 213 kampong secara kalkulasi dibutuhkan 60 PPK dan 639 PPS. Jumlah itu belum ditambah dengan kebutuhan staf sekretariat PPK dan PPS.,’’ paparnya.

Sementara itu terkait SIAKBA, Khuwailid menjelaskan, ketika sudah masuk di aplikasi ini, maka setiap pendaftar akan berhadapan dengan fitur-fitur yang mudah.

“Menunya mudah, tinggal isi mau melamar posisi apa, kecamatan atau kampung, isi biodata lengkap termasuk mengisi riwayat hidup, surat pernyataan dan surat pendaftaran hingga menyiapkan berkas untuk diunggah di sistem,” urainya.

Disinggung tentang tata cara ujian tertulis atau CAT, Khuwailid mengatakan sejauh ini belum ada petunjuk dan regulasi resminya.

” Belum tahu lagi ujian tulis atau CAT. Saat ini, KIP kabupaten/kota yang mau merekrut dan membuka pendaftaran PPK/PPS masih menunggu PKPU terkait ad hoc dan juknisnya diterbitkan KPU RI dalam waktu dekat ini,” jelasnya sembari menambahkan calon pendaftar untuk belajar dan berlatih soal CAT/Tertulis terkait dengan penyelenggara Pemilu serta menelaah UU Kepemiluan dan Pilkada.

Ini Info yang perlu diketahui terkait SIAKBA

Sistem rekrutmen badan Adhoc PPK dan PPS menggunakan Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA). Materi persiapan pembentukan badan adhoc PPK dan PPS yakni menggunakan SIAKBA yang terintegrasi dengan Sidalih dan Sipol.

10 Langkah yang harus dilakukan setiap pelamar PPK dan PPS melalui SIAKBA

Langkah awal pendaftaran 1-6
1. Registrasi akun SIAKBA,
2. Melakukan aktiviasi melalui link yang dikirim via email,
3. Login masuk SIAKBA,
4. Isi data diri,
5. Pilih seleksi dan unggah dokumen,
6. Cek kelengkapan dokumen.

Langkah Seleksi Kelulusan Admintrasi
7. Cek hasil verifikasi administrasi,

Langkah Seleksi Kelulusan Ujian CAT/Tertulis
8. Cek hasil tes tertulis,

Langkah Setelah 10 Besar dan mengikuti Wawancara
9. Cek hasil wawancara

Langkah terakhir setelah selesai Wawancara
10. Cek hasil seleksi (Final menjadi Badan Adhoc PPK atau PPS)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button