Ekonomi

Dua Puluh Ribu Bibit Kelapa Sawit CV Ilham Jaya Desa Pangkalan di Lebel Biru Layak Edar

BERNASACEH.ID | ACEH TAMIANG – Sedikitnya ada 20.000 Bibit Kelapa Sawit milik CV Ilham Jaya Desa Pangkalan Kecamatan Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang di label biru oleh Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Aceh melalui Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pengawasan Benih Perkebunan.

Informasi yang dihimpun BERNASACEH.ID menyebutkan sertifikasi yang dilakukan Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Aceh melalui Unit Pelaksana Teknis (UPTD) Pengawasan Benih Perkebunan berlangsung Rabu (22/6/2022), telah melakukan sertifikasi terhadap 20.000 bibit kelapa sawit milik Perusahaan Pembibitan Kelapa Sawit CV Ilham Jaya.

Kini CV Ilham Jaya bisa bernafas lega pasalnya Tim UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Aceh telah melakukan tahap akhir sertifikasi dan labelisasi bibit kelapa sawit.

Alhamdulillah dari 20.000 bibit kelapa sawit yang diajukan untuk disertifikasi semuanya diterima dan mendapat lebel biru layak edar, ungkap Manejer CV Ilham Jaya, Izuddin kepada BERNASACEH.ID, Rabu (22/6/2022)

Menurut Izuddin, dilakukannya sertifikasi ini dengan tujuan untuk memberikan jaminan kualitas mutu benih yang unggul dan melindungi konsumen atau pengguna benih dari peredaran benih palsu dan benih yang mutunya tidak baik.

Izuddin dilokasi pembibitan kelapa sawit desa Pangkalan mengatakan Tim Labelisasi Bibit dari provinsi sudah dua hari melakukan penilaian terhadap persemaian perusahaan bibit kelapa sawit miliknya.

Kemudian sambung Izuddin labelisasi dilakukan tidak diambil secara acak, melainkan perpohon bibit diperiksa tingkat pertumbuhannya.

“Pemeriksaan bibit dilakukan dari mulai masa kecambah, pelepah, sampai ketinggian bibit dinyatakan layak tanam. Pemeriksaan oleh tim dilakukan perpohon,” sebutnya.

Menurutnya setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dilakukan perpohon diketahui bibit sawit milik CV Ilham Jaya dengan tinggi tanaman rata rata 150 cm, jumlah pelepah rata rata 16 pelepah. Diameter batang 6,5 cm, Warna daun hijau.

” Bibit ini bebas dari hama penyakit, umur bibit 15 bulan meski bibit sudah layak edar atau bisa layak tanam 9 bulan,” papar Izuddin sembari menambahkan bahwa perusahaannya siap menerima pesan baik perusahan, koperasi atau perorangan.[]

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button